Sabtu, 13 Oktober 2012

5 Tips UTS Sambil Nyengir

“Itu mah kecil, kerjain sambil nyengir juga bisa”

Pernah mendengar ungkapan diatas? yap, itu adalah ungkapan dari guru fisika kita, pak Adil.

Faktanya, UTS gak sekecil/semudah yang kita bayangkan. Dan tentunya gabisa disepelekan. Walaupun masih ada remedial, tapi tetep aja nilai tinggi tanpa remedial jauh lebih baik dibandingkan nilai tinggi di remedial. Karna apa? karna itu bakal sia-sia, kalo kamu dapet 90, 95 atau bahkan 100 di remedial tetep aja bakal ditulis nilai pas KKM. Nyesek? emang. Makanya, maksimalkan nilai kamu sewaktu UTS jangan sewaktu remedial.

Berikut tips-tips dari kami yang diharapkan bisa mewujudkan untuk mengerjakan UTS sambil nyengir, alias supaya bisa santai dan enjoy sewaktu mengerjakan soal UTS sehingga hasilnya bagus dan memuaskan. yaitu :


1. Persiapkan Segala Sesuatunya dengan Matang

Siapkan semua alat tulis yang dibutuhkan sewaktu ujian dimalam hari. Dan usahakan semua alat tulis dibawa lebih dari satu. Untuk mengantisipasi ancaman “bergelinding” nya penghapus, dan patahnya pensil ditengah-tengah waktu ujian, supaya menghemat waktu. Jadi kamu ga perlu gelisah mencari penghapus kamu yang menggelinding dan meraut/meminjam rautan disaat pensil kamu patah.

Selain itu, siapkan juga materi yang akan diujikan, caranya dengan belajar. belajar merupakan kunci utama supaya kamu bisa ngerjain soal uts sambil nyengir. Kuasai materi sesuai dengan kisi-kisi yang sebelumnya diberikan oleh guru yang bersangkutan. Jangan sampai salah mempelajari materi. Rajin mengulang pelajaran dari jauh hari merupakan cara yang efektif dibandingkan dengan SKS/Sistem Kebut Semalam. Jangan begadang, dan jangan belajar lagi ketika menunggu dimulainya ujian karena otak harus berpikir keras, nanti sewaktu ujian malah capek duluan.

2. Sarapan Pagi

Jangan salah, sarapan juga merupakan hal yang penting. Sangat tidak dianjurkan mengerjakan soal UTS dengan perut kosong. Karena perut kosong menyebabkan kita kekurangan oksigen. Jadinya? ngantuk. Kalo udah ngantuk, tiduran dimeja, keterusan deh. Tiba-tiba bel tanda ujian selesai, tapi kamu belum selesai. Kacau kan?

Nah tapi, sarapan nya itu sarapan nasi dan makanan yang bergizi, ya! jangan sarapan dengan makan coklat dari mantan yang dari dulu disimpen. Sakit perut iya.

3. Sampai di sekolah lebih awal
Usahakan sampai di sekolah lebih awal dari jam ujian dimulai. Karna apa, karna kalo kamu sampai lebih awal kamu bisa rileks nunggu ujian dimulai sambil baca mengingat-ngingat pelajaran. Jangan sampe kamu telat, selain waktu kamu yang terpotong kamu juga jadi tergesa-gesa ga konsentrasi sewaktu mengerjakan soal. Pasti jadi blank, buyar semua. Percaya deh!

4. Teliti

Teliti lah saat kamu membaca soal dan jangan terburu-buru dalam mengerjakan, dahulukan soal yang kamu anggap mudah, kalau ternyata semuanya susah, maka bertabahlah. kamu juga harus teliti dalam mengisi data pada lembar jawaban, jangan sampai salah mengisi, mengisi nama gebetan di kolom nama&mengisi tanggal ujian dengan tanggal jadian impian misalnya. dan pastikan pensil yang kamu gunakan benar-benar pensil 2B yang asli. bukan yang palsu. Dan jangan sampai yang kamu gunakan bukan 2B, tapi 36B. Iya, kegedean pasti.

5. Berdo’a

Jangan pernah lupa berdo’a ketika mulai ujian. Karna ini juga penting. Selain berdo’a sendiri, usahakan minta do’a dari orang lain. Minta do’a orang tua, karena do’a orang tua itu manjur, lho. Dan juga minta do’a di twitter, karena pasti banyak yang doain tuh. Minta do’a dari mantan juga boleh. Minta do’a ke mantan terindah aja tapinya, jangan ke mantan yang dendam ke kamu, nanti malah di do’ain yang jelek-jelek lagi. Hih!

Sekian tips yang bisa kami berikan, semoga dapat berguna, dan semoga kalian bisa ngerjain UTS dengan nyengir santai sehingga UTS kali ini sukses. Amin

3 komentar: