Minggu, 21 Oktober 2012

Sekolah di Sekolah Batik, Gimana ya Rasanya?


Kamu tau gak kenapa tanggal 2 Oktober ditetapkan jadi Hari Batik? Pasti gak tau kan? mimin sih tau banget, lagian apa sih yang Mimin gak tau. 
Ternyata, pas tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik Indonesia  sebagai Warisan budaya di dunia. Jadi Hari Batik gak cuma di tingkat kelurahan, kecamatan, nasional, tapi sampe di tingkat dunia juga. Lho.
Ngomongin Batik mimin jadi inget, biasanya hari Rabu atau Jumat , di sekolah pada pake batik kan tuh.

kita punya info terselubung nih, ternyata ada sekolah yang gak cuma murid-muridnya aja yang berseragam batik, tapi namanya pun SMA BATIK, dan uniknya sekolah ini berawal  dari suatu Koperasi Batik. Keren kan…! SMA Batik 1 ini lokasinya di Surakarta atau Solo yang emang tempatnya para pengrajin batik. Tapi kalo pusatnya batik itu adanya di Pekalongan.
Jadi awalnya si SMA Batik ini dulunya adalah sebuah Koperasi namanya Batari.
Koperasi ini isinya ya para pengusaha batik di Solo, nah, untuk memisahkan keuntungan untuk tujuan sosial, akhirnya dibuat suatu yayasan pendidikan yang namanya Yayasan Pendidikan Batari, setelah itu, dibuatlah SMA Batari.
Namun, Bersamaan dengen perkembangan, Koperasi Batik Batari pecah menjadi 3 (tiga) koperasi primer yaitu : Koperasi Batari, Koperasi PPBS dan KPN. Karena perpecahan koperasi tersebut, maka nama Batari hanya merupakan bagian saja, sehingga untuk menghilangkan kesan tersebut maka nama SMA dan SMP Batari diubah menjadi SMA dan SMP Batik.
SMA Batik 1 Surakarta yang sebelumnya bernama SMA Batari ini didirikan pada tanggal 1 Oktober 1957 dengan status Sekolah Swasta yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Batik.
Hmm mimin penasaran juga mau liat sekolahnya, apa mereka tiap hari pake Seragam Batik ya ?
Buat kalian, tetep sayangi  budaya Negara kita Indonesia ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar