Sabtu, 13 Oktober 2012

Ingin tahu kondisi paru-paru kamu? gampang kok, hembuskan saja napas ke handphone

Penyakit paru-paru umumnya sulit dideteksi dan baru ketahuan setelah gejalanya bertambah parah. Untuk mengecek kondisi paru-paru, dokter umumnya menggunakan alat tertentu di rumah sakit. Tapi kini periksa paru-paru bisa dilakukan dengan cara mudah, yaitu menghembuskan napas ke handphone.

Aplikasi yang diusung oleh para peneliti di University of Washington ini dapat diunduh gratis. Sayangnya, hanya smartphone Apple/iPhone saja yang bisa menggunakannya. Hal itu dikarenakan iPhone memiliki mikrofon yang cukup baik untuk merekam suara dan memiliki kemampuan komputasi yang dapat memberikan hasil dengan segera.


"Ada kebutuhan besar di masyarakat untuk membuat tes paru-paru yang lebih murah dan lebih nyaman. Orang lain telah membuat aplikasi smartphone yang digunakan dengan ditiup. Kita coba mencari tahu apakah kita juga bisa menggunakannya dengan mikrofon yang sudah ada di dalam handphone," kata Shwetak Patel, profesor ilmu komputer dan teknik University of Washington seperti dilansir txchnologist.com, Minggu (23/9/2012).

Beberapa penyakit paru-paru kronis seperti asma, Cystic fibrosis dan bronkitis kronis bisa dideteksi dengan alat ini. Cara kerja aplikasi ini yaitu udara pernapasan yang masuk diukur dalam tabung yang dilengkapi turbin kecil, untuk menggunakannya pasien diminta mengambil napas dalam-dalam lalu membuang napas sekeras dan secepat mungkin. Kemudian Spirometer akan mengukur seberapa banyak dan seberapa cepat napas yang dihembuskan.

Hasil bacannya digunakan untuk memberitahu dokter apakah saluran udara pasien menyempit atau bahkan penuh dengan lendir.


Dengan menganalisis frekuensi gelombang suara, kondisi paru-paru bisa terdeteksi saat napas beresonansi. Ada resonansi yang terjadi pada sinyal yang memberitahu seberapa banyak aliran darah yang melewati trakea dan saluran vokal. Jumlah itulah persisnya yang perlu diketahui dokter.

Lewat pengujian terhadap 52 orang menggunakan iPhone 4s dan mikrofon bawaan, aplikasi SpiroSmart ditemukan memiliki perbedaan akurasi sebanyak 5,1% dibanding SpiroMeter biasa. ya, hanya 5,1%!
Jadi, tunggu apalagi? download segera, install dan lihat hasilnya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar